Mengenali Pelanggan dengan Costumer
Relationship Management (CRM)
untuk memaksimalkan nilai pelanggan berarti membangun
hubungan jangka panjang dengan pelanggan. dulu, produsen menyesuaikan tawaran
mereka sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Tukang jahit membuat
pakaian, tukang sepatu merancang sepatu untuk perseorangan.Revolusi industri
mengantarkan perusahaan untuk masuk ke era produksi massal. Untuk memaksimalkan
skala ekonomi, perusahaan membuat barang-barang menjadi standar sebelum dipesan
dan membiarkan individu mecocokkan seleranya dengan apa yang tersedia. produsen
beralih dari pemasaran barang yang dibuat berdasarkan pesanan ke pemasaran
barang yang dibuat untuk persediaan.
dewasa ini perusahaan beralih dari pemasaran massal yang penuh
dengan pemborosan ke pemasaran yang lebih seksama yang dirancang untuk
membangun relasi pelanggan yang kuat. Ekonomi dewasa ini didukung oleh bisnis
informasi yang memiliki keuntungan berdasarkan defferensiasi, disesuaikan,
dipersonalisasikan, dan disalurkan melalui jaringan dengan kecepatan yang luar
biasa.
ketika perusahaan semakin cakap mengumpulkan informasi
tentang pelanggan individual dan mitra bisnis (pemasok, distributor dan
pengecer), dan ketika pabrik mereka dirancanglebih luwes, mereka telah meningkatkan
kemampuan mereka untuk mengindividukan tawaran pasar, pesan dan media.
kostumisasi massal merupakan kemampuan perusahaan untuk memenuhi setiap
tuntutan pelanggan dengan mempersiapkan produk, layanan, program dan komunikasi
yang dirancang secara individual berbasis massal.
Costumer Relationship Management (CRM)
banyak perusahaan
membangun ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka yaing disebut dengan
manajemen relasi pelanggan atau costumer relationship management. Ini merupakan
proses mengelola informasi yang rinci tentang masing-masing pelanggan dan
secara cermat mengelola titik sentuhan pelanggan demi memaksimalkan kesetiaan
pelanggan. Titik sentuhan ini adalah kesempatan mana pun dan apapun dimana
pelanggan menghadapi merek dan produk. Mulai dari pengalaman aktual sampai,
komunikasi massal sampai observasi kausal. Bagi sebuah hotel, titik sentuh itu
mencakup reservasi, check-in dan check-out, program frekuensi menginap, layanan
kamar, layanan bisnis, fasilitas olahraga, layanan cucian, restoran, dan bar.
Sebagai sebuah hotel mengandalkan sentuhan pribadi, seperti staf yang selalu
menyapa tamu dengan memanggil namanya, karyawan yang cukup banyak diberi kuasa
yang memahami kebutuhan perjalanan bisnis canggih, dan sekurang-kurangnya satu
fasilitas terbaik di wilayah itu, seperti restoran dan spa terkemuka.
manajemen relasional pelanggan memungkinkan perusahaan
memberikan layanan pelanggan yang unggul saat diminta melalui penggunaan yang
efektif atas informasi laporan individual. Berdasarkan yang mereka ketahui
setiap pelanggan bernilai, Perusahaan dapat menyelaraskan tawaran pasar,
layanan, program pesan dan media. CRM penting karena pendorong utama dari
profitabilitas pelanggan yang berupa sekumpulan nilai dari basis data pelanggan
perusahaan.
Beberapa landasan
untuk manajemen hubungan pelanggan menurut Don Peppers dan Martha Rogers,
membagi dalam empat langkah kerangka kerja pemasaran satu-sama-satu yaitu:
identifikasi calon dan pelanggan anda. Jangan mengejar setiap
orang, bangunkan, pertahankan dan galilah basis data pelanggan yang kaya dengan
informasi yang berasal dari semu saluran dan titik sentuh pelanggan.
Bedakan pelanggan berdasarkan kebutuhan dan nilai mereka bagi
perusahaan. Seperti pada keinginan pelanggan, perusahaan hendaknya mengeluarkan
secara seimbang lebih banyak upaya pada pelanggan mereka yang paling bernilai.
Terapkan penetapan harga berdasarkan kegiatan dan perhitungan nilai masa hidup
pelanggan. Taksirlah nilai bersih sekarang dari semua laba mendatang yang
berasal dari pembelian, tingkat margin, dan rujukan, dikurangi dengan biaya
pelayanan pelanggan tertentu.
berinteraksilah dengan masing-masing pelanggan untuk
memperbaiki pembelajaran anda tentang kebutuhan mereka masing-masing dan untuk
membangun relasi yang lebih kuat. Rumuskan tawaran yang disesuaikan, yang
dikomunikasikan dengan cara yang dipersonalisasikan.
Sesuaikan produk, layanan dan pesan dengan kebutuhan
masing-masing pelanggan. Fasilitasilah interaksi pelanggan perusahaan melalui
pusat kontak perusahaan dan situs web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar